Selasa, 02 Oktober 2012

Arti Lambang/Symbol ESCO SMAPA


Esco Smapa, telah memiliki logo atau lambang tersendiri. hal ini telah diputuskan dalam rapat / pertemuan anggota esco smapa yang berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 29 September 2012 kemarin. dari berbagai lambang yang diusulkan, akhirnya disepakati bahawa lambang esco smapa adalah sebagai berikut ini. lambang berupa longkaran, dan memiliki arti filosofis sebagai berikut:
 1.     Bentuk dasar dari lambang esco adalah lingkaran yang berarti suatu persatuan yang tak terputus dan saling bersambungan.
2.    Kalimat “English Students Club Of SMA Pamotan” merupakan nama identitas organisasi/club ini.
3.    Gambar bola dunia melambangkan bahwa bahasa inggris adalah bahasa internasional yang dipergunakan di seluruh belahan dunia.
4.    Lambang buku mengartikan basik utama organisasi ini tetaplah pendidikan/menuntut ilmu yang terus menerus, berkesinambungan, tanpa mengenal batas waktu dan tempat.

5.    Posisi bola dunia yang terrangkul oleh buku mengartikan keinginan untuk bisa menaklukkan dunia dengan buku, atau berarti keinginan untuk mempelajari bahasa inggris dengan baik dan benar. Arti lain adalah pendidikan dapat menaklukkan dunia.
6.    Dua bintang di kiri dan kanan melambangkan suatu keseimbangan. Dalam hal ini adalah keseimbangan antara intrakurikuler dan ekstrakurikuler
7.    Pita dwi warna, merah putih melambangkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, bela negara Indonesia.
8.    Esco Smapa diatas pita merah putih melambangkan bahawa organisasi ini berdiri diatas negara kesatuan Republik Indonesia, dan dapat diartikan pula sebagai sebuah organisasi yang berlandaskan rasa cinta tanah air Indonesia.
9.    5 Rantai yang saling terkait dan berkaitan melambangkan hibungan yang erat antara kelas IX, kelas X, kelas XI, alumnus, dan bapak/Ibu guru.
10. 11 bintang di bagian bawah logo mengartikan angka 11, sebagai tahun kelahiran Esco Smapa, yakni tahun 2011.
11.  Kata-kata “encourage, smart, creative, optimist” yang tertulis di buku yang berarti “mendorong/dorongan untuk menjadi seseorang yang cerdas dalam berbagai bidang, kreatif dalam pemikiran/menghadapi tantangan yang ada, dan selalu menjunjung tinggi rasa optimis ”
12. Latar warna biru mengartikan keluasan ilmu, keluasan harapan, keluasan fikir, dan keluasan dalam segala hal yang dijalani. Warna biru juga merupakan warna dasar yang dipakai dalam badge SMA N 1 Pamotan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar